cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
ANALISIS NOVEL GURU AINI KARYA ANDRE HIRATA DENGAN PENDEKATAN OBJEKTIF Zherry Putria Yanti; Atika Gusriani
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.26822

Abstract

      Karya sastra mempunyai nilai positif yang dapat diambil manfaatnya. Untuk itulah kita harus mengadakan suatu apresiasi karya sastra dan mengambil langkah-langkah dengan cara menganalisis hasil karya sastra tersebut. Salah satu bentuk pengkajian sastra yaitu dengan menganalisis unsur instrinsiknya. Dari latar belakang inilah yang menarik penulis untuk menyusun penelitian dengan judul “Analisis Novel Guru Aini dengan Pendekatan Objektif”.       Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan dalam novel Guru Aini dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripasikan dan menganalisis nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalamnya. Subjek penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andre Hirata. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai pendidikan. Data dianalisis menggunakan teknik deskripsi kualitatif dengan tujuan pengkajian dan pendeskripsian permasalahan yang diteliti. Unsur-unsur intrinsik dalam Novel Guru Aini meliputi tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.Kata Kunci : Pendekatan Objektif , Novel, Guru Aini
PERBANDINGAN PANDANGAN FEMINIS PADA PUISI THEORESIA RUMTHE DAN RUPI KAUR Gita Rachmasari Apandi; Rani Nuraini; Dian Hartati
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.25514

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan pandangan feminis terhadap dua puisi dari penyair Indonesia dan penyair kelahiran asal India. Puisi yang dibandingkan berjudul Sajak Rokok ditulis penyair Indonesia yaitu Theoresia Rumthe dan Sisters yang ditulis penyair kelahiran India yaitu Rupi Kaur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah sastra bandingan komparatif, yakni upaya membandingkan dua karya sastra atau lebih dari suatu negara dengan negara lain, seperti halnya dua karya puisi yang dipilih ditulis oleh dua penyair yang berasal dari dua negara yang berbeda: Indonesia dan India. Penelitian ini adalah penelitian berperspektif komparatif dan objek penelitian ini adalah pandangan feminis yang terdapat pada kedua puisi tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari bagaimana penggunaan diksi pada puisi yang ditulis oleh kedua penyair berbeda negara tersebut. Diidentifikasi bagaimana gaya hidup dan budaya lingkungan sekitar penyair memengaruhi penggunaan diksi dan gaya penulisan ke dalam puisi. Theoresia Rumthe aktif menunjukkan ekspresi kebebasannya dalam bergaya, tak jarang memberikan pengajaran kepada pengikutnya di Instagram untul lebih mencintai diri sendiri. Sedangkan Rupi Kaur, dikenal sebagai instapoet yang juga tidak kalah aktif dalam menunjukkan sisi-sisi perempuan yang dianggap awam dalam masyarakat di media sosial pribadinya.Kata kunci: Bandingan, Feminis, Media Sosial, Instagram, Puisi
Penggunaan Bahasa Ruang Publik pada Masa Pandemi bagi Industri Kuliner Desa Canggu Ni Nyoman Widani; Wiya Suktiningsih
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.27542

Abstract

Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal diseluruh dunia, mengalami keterpu­rukan akibat pandemi Covid-19 pada pertengahan tahun 2020. Hal ini juga berdampak pada industri kuliner yang berhubungan dekat dengan sektor pariwisata. Pengelola industri kuliner di masa tatanan new normal berusaha bertahan dengan menerapkan protokol kesehatan sesusai anjuran pemerintah. Bentuk edukasi ataupun himbauan protokol kesehatan diberikan oleh pengelola melalui media poster dan menerapkan 3M. Terkait dengan pengunaan bahasa ruang publik, indikator yang perlu diperhatikan selain penggunaan bahasa, adalah bentuk visual berupa symbol/icon yang ditampilkan bersama melalui media poster sebagai bentuk komunikasi kepada publik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana bentuk penggunaan bahasa ruang publik yang disajikan dan bagaimanakah respon pengunjung/masyarakat terhadap poster yang digunakan oleh pengelola industri kuliner saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, survei dan wawancara. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 27 orang yang merupakan masyarakat/pengunjung industri kuliner yang berada di wilayah objek wisata desa Canggu. Dari hasil penelitian ini dapat menghasilkan bentuk penggunaan bahasa ruang publik yang harus diperhatikan dalam menyusun atau membuat poster mengenai protokol kesehatan sehingga mampu menarik pembacanya dan dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung/konsumen industri kuliner.  Selain itu hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada pemerintah setempat, sehingga dapat menentukan kebijakan yang terkait dengan penggunaan bahasa ruang publik pada masa pandemic Covid-19.
Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XII Berbasis Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud Firdaus Aritonang; Tangson R. Pangaribuan
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.25496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia SMA kelas XII edisi revisi 2018 penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan (2) kelayakan bahasa pada buku teks bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018 penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil analisis pada buku teks bahasa Indonesia SMA kelas XII edisi revisi 2018 penerbit Kementerian Pendidikan dan kebudayaan adalah sebagai berikut: (1) kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia SMA kelas XII edisi revisi 2018 penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah 90,7% dengan katagori sangat layak dan (2) kelayakan bahasa pada buku teks bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018 penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah 93% dengan katagori sangat layak.
INTEGRASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING GURU BAHASA INDONESIA Vina Aditama; Dini Restiyanti Pratiwi
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.26621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perangkat pembelajaran daring guru bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dikelompokkan menjadi 4 bagian yang meliputi (1) integrasi technological knowledge (TK), (2) integrasi pedagogical knowledge (PK), (3) integrasi content knowledge (CK), dan (4) integrasi technological pedagogical content knowledge (TPCK). Kata kunci: TPACK, Perangkat Pembelajaran Daring, dan Guru Bahasa Indonesia
BENTUK TUTURAN DIREKTIF DALAM AKUN TWITTER @FIERSABESARI Niken Thalia Ayupradani; Dini Restiyanti Pratiwi
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.26861

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni menemukan bentuk tuturan direktif serta jenisnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan sumber data dari kalimat dalam cuitan dalam akun twitter @FiersaBesari selama bulan Januari 2021. Cuitan yang digunakan sebagai data adalah cuitan yang mengandung tururan direktif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara dokumentasi, simak, dan catat. Tuturan direktif yang ditemukan dalam akun twitter @FiersaBesari sebanyak 35 cuitan sekaligus digunakan sebagai data. Selanjutnya, hasil dalam penelitian ini dari 35 data, bentuk tuturan direktif dapat dikelompokkan dalam 4 jenis tutuan direktif yakni; 15 tindak tutur jenis mengingatkan, 10 jenis tuturan direktif menasehati, 6 jenis tuturan direktif mengajak, dan terakhir 4 jenis tuturan direktif menegur.
DOKSOLOGI DALAM TRADISI MANUSKRIP NUSANTARA Agus Sulton
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.26076

Abstract

Dalam tradisi pernaskahan Nusantara, doksologi murupakan permulaan teks yang umum digunakan dalam produksi manuskrip-manuskrip Nusantara. Doksologi diletakkan di bagian awal teks yang berisi puji-pujian sebagai bentuk rasa hormat, doa, harapan, puji syukur, dan sebagainya. Dalam penelitian ini akan mengungkap tradisi doksologi yang umum dipakai pada manuskrip-manuskrip di Nusantara. Pada tradisi manuskrip di Nusantara memiliki beragam bentuk, makna, dan fungsi tergantung penulisnya karena ini menyangkut kekuatan iman seseorang atau ketakwaan seseorang terhadap Tuhan. Penulisan doksologi bisa disebut kristalisasi gaya kreatif sang kreator dapat diletakkan pada awal teks dan akhir teks manuskrip. Dalam tradisi tulis dunia modern, doksologi pengertiannya mulai bergeser ke arah ucapan terimakasih dan sumbangsih akan hasil kerja sang pengarang saat melakukan penelitian. Hasil penelitian ini menemukan, penggunaan doksologi yang dulunya ditekankan pujian-pujian terhadap sesuatu yang bersifat dogmatis, namun di era sekarang berkembang ke ruang lingkup pimpinan, lembaga, sahabat, dan keluarga. Secara personal, doksologi merupakan cermin atas sikap religius seseorang, sikap toleransi, kebersamaan, mengasihi sesama, dan intelektualitas manusia. Kata kunci: doksologi, pujian, makna, fungsi, manuskrip
ANALISIS PENGGUNAAN CAMPUR KODE DALAM VLOG ATTA HALILINTAR : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK Novhira Putri Paino
Basastra Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i2.23781

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk campur kode pada vlog Atta Halilintar berdasarkan kajian Sosiolinguistik. Data atau video yang dianalisis yaitu tiga video dari channel youtubenya Atta Halilintar. Pada kesempatan kali ini penyusun akan membahas tentang Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Konten Video Atta Halilintar pada tahun 2020. Data penelitian ini berupa tuturan dari video youtube Atta Halilintar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial termasuk fenomena kebahasaan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik catat. Data diperoleh secara langsung dengan pencatatan semi struktur yakni mentranskrip ungkapan suara dan video dari handphone kemudian dianalisis untuk mengetahui bagaimana bentuk campur kode tersebut. Pada penelitian ini ditemukan dua jenis campur kode, yaitu jenis campur kode ke dalam, dan jenis campur kode ke luar. Hasil dari penelitian ini, jenis campur kode dominan adalah jenis campur kode ke luar sebanyak 86 data atau 97%, sedangkan jenis campur kode campur kode ke dalam berjumlah 2 data atau 3%.Kata Kunci : campur kode, vlog, Atta HalilintarAbstractThis research was conducted to determine the form of code mixing in the Atta Halilintar vlog video in sociolinguistic studies. The data or videos that will be discussed are three videos from Atta Halilintar's YouTube channel. On this occasion the compilers will discuss the Analysis of the Use of Mix Codes in the Atta Halilintar Vlog in 2020. The data of this research is in the form of a speech from the Atta Halilintar youtube video. This study uses qualitative research with descriptive methods that produce descriptive data in the form of words that aim to understand social phenomena including linguistic phenomena. The technique used in data collection is the note taking technique. The data were obtained directly by recording semi-structures, namely transcribing voice and video expressions from cellphones, then analyzed to determine how the code was mixed. In this study, two types of code mixing were found, namely the inward mixing type and the outward code mixing type. The results of this study, the dominant code mixing type was the outgoing code mixing type as much as 86 data or 97%, while the inward code mixing type amounted to 2 data or 3%. Keywords: code mix, vlog, Atta Halilintar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue